Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sejarah Perkembangan Kesehatan Mental




Seperti juga psikologi yang mempelajari hidup kejiwaan manusia, dan memiliki usia sejak adanya manusia di dunia, maka masalah kesehatan jiwa itupun telah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu dalam bentuk pengetahuan yang sederhana.Beratus-ratus tahun yang lalu orang menduga bahwa penyebab penyakit mental adalah syaitan-syaitan, roh-roh jahat dan dosa-dosa. Oleh karena itu para penderita penyakit mental dimasukkan dalam penjara-penjara di bawah tanah atau dihukum dan diikat erat-erat dengan rantai besi yang berat dan kuat.
Namun, lambat laun ada usaha-usaha kemanusiaan yang mengadakan perbaikan dalam  menanggulangi orang-orang yang terganggu mentalnya ini. Philippe Pinel di Perancis dan William Tuke dari Inggris adalah salah satu contoh orang yang berjasa dalam mengatasi dan menanggulangi orang-orang yang terkena penyakit mental. Masa-masa Pinel dan Tuke ini selanjutnya dikenal dengan masa pra ilmiah karena hanya usaha dan praksis yang mereka lakukan tanpa adanya teori-teori yang dikemukakan.
Masa selanjutnya adalah masa ilmiah, dimana tidak hanya praksis yang dilakukan tetapi berbagai teori mengenai kesehatan mental dikemukakan. Masa ini berkembang seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan alam di Eropa.
Dorothea Lynde Dix dan Clifford Whittingham Beers. Kedua orang ini banyak mendedikasikan hidupnya dalam bidang pencegahan gangguan mental dan pertolongan bagi orang-orang miskin dan lemah. Dorthea Lynde Dix lahir pada tahun 1802 dan meninggal duinia tanggal 17 July 1887. dia adalah seorang guru sekolah di Massachussets, yang menaruh perhatian terhadap orang-orang yang mengalami gangguan mental. Sebagian perintis (pioneer), selama 40tahun dia berjuang untuk memberikan pengorbanan terhadap orang-orang gila secara lebih manusiawi.
Usahanya mula-mula diarahkan pada para pasien mental dirumah sakit. Kemudian diperluas kepada para penderita gangguan mental yang dikurung dirumah-rumah penjara. Pekerjaan Dix ini merupakan faktror penting dalam membangun kesadaran masyarakat umum untuk memperhatikan kebutuhan para penderita gangguan mental. Berkat usahanya yang tak kenal lelah, di Amerika serilkat didirikan 32 rumah sakit jiwa, dimana dia layak mendapat pujian sebagai salah seorang wanita besar di abad 19.
Pada tahun 1909, gerakan kesehatan mental secara formal mulai muncul. Selama dsekade 1900-19090 beberpa organisasi kesehetran mental telah didirikan, sepert: American Social Hygiene Associatin (ASHA), dan American Federation for Sex Hygiene.
Perkembangan gerakan-gerakan dibidang kesehatan mental ini tidak lepas dari jasa Clifford Whittingham Beers (1876-1943). Bahkan, karena jasa-jasanya itulah, dia dinobatkan sebagai ”The Founder Of The Mental Hygiene Movement”. Dia terkenal karena pengalamannya yang luas dalam bidang pencegahan dan pengobatan gangguan mental dengan cara yang sangat manusiawi.
Dedikasi Beers yang begitu kuat dalam kesehatan mental, dipengaruhi juga oleh pengalamannya sebagai pasien dibeberapa rumah sakit jiwa yang berbeda. Selama dirumah sakit, dia mendapatkan pelayanan atau pengobatan yang keras dan kasar (kuarang manusia). Kondisi seperti ini terjadi, karena pada masa itu belum ada perhatian terhadap masalah gangguan mental, apalagi pengobatannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

8 komentar:

Kang Aceng mengatakan...

berkaitan juga dengan psikologis ya QnC Jelly Gamat

Unknown mengatakan...

selamat siang para Obat Luka Diabetes Rekomendasi Dokter pecinta kesehatan obat kolesterol di apotik dimanapun Obat Disfungsi Ereksi Di Apotik berada

Unknown mengatakan...

selamat sore Tips Mengobati Kanker Kulit Secara Alami Dan Aman hati hati dijalan

Kang Aceng mengatakan...

Obat Nyeri Lambung dan Ulu Hati Resep Dokter - DAPATKAN OBATNYA DISINI dan SEMBUHKAN PENYAKITNYA. Pemesanan mudah melalui SMS dengan sistem BAYAR SETELAH OBAT SAMPAI. MUDAH, MURAH & TERPERCAYA.

Kang Aceng mengatakan...

Jamu Pelangsing Sidomuncul – Pengen langsing? Gak usah ribet! Dapatkan jamu pelangsingnya disini, produk terpercaya, aman, dan sudah terbukti khasiatnya. Pemesanan mudah & aman dengan layanan BARANG SAMPAI BARU BAYAR. Obat Disfungsi Ereksi

Unknown mengatakan...

thank for sharing Obat Tumor Prostat Di Apotik to articel menarik vig power capsule untuk disimak

Unknown mengatakan...

Please take Cara Mengatasi Ejakulasi Dini a moment to obat kolesterol di apotik review thank for share

Unknown mengatakan...

thank to Obat Tumor Paru Paru Di Apotik informatios succes jelly gamat for one piece

Posting Komentar